Sehatkah Mentalku?



Apa itu sehat mental? sehat mental adalah kondisi yang terbebas dari segala belenggu gangguan mental dan mampu menyesuaikan diri menghadapi masalah-masalah yang akan ditemui. Apakah kaian sudah merasa bebas dari segala belenggu gangguan?saya yakin, setelah membaca artikel ini, kalian akan menemukan kebebasan itu. Sedangkan menurut undang-undang kesehatan mental, sehat jiwa atau sehat mental adalah kondisi dimana seorang individu dapat berkembang secara fisik, mental, spiritual, dan sosial sehingga individu tersebut menyadari kemampuan sendiri, dapat mengatasi tekanan, dapat bekerja secara produktif, dan mampu memberikan kontribusi untuk komunitasnya. Negara aja udah peduli dengan kesehatan mental, kita? Why not.
Nah, di psikologi kami mengenal istilah personal adjustment yang merupakan sebuah proses psikologis yang dijalani seseorang dan mengakibatkan orang tersebut berusaha mengatasi tantangan dalam kehidupan sehari-hari yang berasal dari lingkungan (Weiten & Lloyd: 2006). Teori ini memberitahukan kepada kita bahwa ternyata manusia punya kekuatan loh yang bisa mengatasi tantangan dalam hidupnya, tapi hanya beberapa yang menyadari hal tersebut. Mungkin saja semua sibuk dengan persoalan cinta, karir dan jabatan.
Pada tahun 2014 Adisty Wismani Putri, Budhi Wibhawa, dan Arie Surya Gutama dalam papernya tentang kesehatan mental masyarakat indonesia (pengetahuan, dan keterbukaan masyarakat terhadap gangguan kesehatan mental) menjelaskan bahwa Makna kesehatan jiwa mempunyai sifat-sifat yang harmonis (serasi) dan memperhatikan semua segi-segi dalam kehidupan manusia dan dalam hubungannya dengan manusia lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa kesehatan jiwa adalah bagian integral dari kesehatan dan merupakan kondisi yang memungkinkan perkembangan fisik, mental dan sosial individu secara optimal, dan yang selaras dengan perkembangan orang lain. Seseorang yang “sehat jiwa atau mental” mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1. Merasa senang terhadap dirinya serta
   a. Mampu menghadapi situasi
   b. Mampu mengatasi kekecewaan dalam hidup
   c. Puas dengan kehidupannya sehari-hari
   d. Mempunyai harga diri yang wajar
   e. Menilai dirinya secara realistis, tidak berlebihan dan tidak pula merendahkan
2. Merasa nyaman berhubungan dengan orang lain serta
   a. Mampu mencintai orang lain
   b. Mempunyai hubungan pribadi yang tetap
   c. Dapat menghargai pendapat orang lain yang berbeda
   d. Merasa bagian dari suatu kelompok
   e. Tidak "mengakali" orang lain dan juga tidak membiarkan orang lain "mengakali" dirinya
3. Mampu memenuhi tuntutan hidup serta
   a. Menetapkan tujuan hidup yang realistis
   b. Mampu mengambil keputusan
   c. Mampu menerima tanggungjawab
   d. Mampu merancang masa depan
   e. Dapat menerima ide dan pengalaman baru
   f. Puas dengan pekerjaannya

Apakah anda termasuk sehat mental menurut teori di atas? Apakah anda sudah mampu menyesuaikan diri dengan segala masalah-masalah yang kalian temukan? Sekarang coba pikirkan berapa banyak masalah yang kalian temui dan coba pikirkan berapa banyak kemampuan yang kalian miliki, kemudian dari masalah tersebut cobalah kalian selesaikan dengan kemampuan yang kalian miliki, selamat mencoba.


Azmul Fuady Idham,
Mahasiswa Psikologi Magister Universitas Airlangga.

Share on Google Plus

About Halo Jiwa

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.