Peduli Kesehatan Mental Melalui Halo Jiwa


Foto: Nadil
Kurangnya perhatian masyarakat terhadap kesehatan mental mengantarkan terbentuknya komunitas Halo Jiwa yang berfokus pada promosi kesehatan mental kepada masyarakat. Halojiwa sendiri dibentuk pada Jumat, (25/11/16) oleh Azmul Fuady Idham, seorang mahasiswa Magister Psikologi Jurusan Komunitas dan Pembangunan Fakultas Psikologi Universitas Airlangga.

Atas dasar UU RI Nomor 18 tahun 2014 tentang Kesehatan Mental, komunitas Halo Jiwakemudian memiliki visi Indonesia Sehat Mental 2020. Visi tersebut diwujudkan dengan promosi kesehatan mental melalui berbagai media dan mengoptimalkan bakat/minat masyarakat Indonesia dalam promosi kesehatan mental.

Azmul Fuady Idham selaku founder komunitas Halo Jiwa menjelaskan target dari promosi kesehatan mental yang dilakukan adalah seluruh masyarakat Indonesia dari berbagai rentang usia dan berbagai kalangan, namun untuk saat ini difokuskan pada pengembangan di wilayah Indonesia Timur dengan Makassar sebagai sekretariat. “Saya pilih kota Makassar karena merupakan kota besar dan pusat di kawasan Indonesia bagian timur, apa lagi di kota-kota besar di pulau Jawa banyak mi komunitas peduli sehat mental. Jadi untuk diperluas, mungkin lebih kekerjasamanya mi (baca: kerjasama dengan komunitas kesehatan mental di Jawa).” Jelas pria yang merupakan alumnus Fakultas Psikologi (F.Psi) Universitas Negeri Makassar (UNM) ini.


Bentuk promosi kesehatan mental yang dilakukan Halo Jiwa yakni melalui pertemuan langsung  dan berbagai bentuk tulisan yang disebar melalui media sosial. Media sosial Halo Jiwa sendiri telah aktif menyebarkan informasi terkait kesehatan mental berbasis karya seperti artikel, opini, infografis, foto, video, dan poster. Adapun pertemuan langsung berupa diskusi dan talkshow, hingga saat ini masih dalam tahap perencanaan.

Menanggapi terbentuknya komunitas Halo Jiwa, Anshary Arma Arsyad selaku masyarakat mengapresiasi terbentuk komunitas ini dan berharap Halo Jiwa melakukan sosialisai dalam perekrutan anggota. “Sebarkan sosialisasi guna merekrut anggota baru supaya banyak yang lebih peka terhadap kasus seperti ini.” Harap mahasiswa F.Psi UNM yang akrab disapa Anshary ini.

Penulis: Syita Astila
Editor: Azmul
Share on Google Plus

About Halo Jiwa

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.