Halo Jiwa Walk Together 2020



Tahun 2019 merupakan tahun ketika Halo Jiwa bangkit untuk bersiap-siap meninggalkan garis start. Sebagai komunitas yang baru dibentuk 2016 silam, diperlukan waktu sekitar dua tahun mempersiapkan diri untuk berkiprah di tengah masyarakat Indonesia yang multikultural dengan berbagai persoalan kesehatan mental. Halo Jiwa memulai bangkit dari posisi “start” dengan niat untuk berbuat sesuatu yang setidaknya dapat membuat lingkungan sekitarnya menjadi lebih baik melalui edukasi kesehatan mental. Tagline Halo Jiwa “Make it Better” pun diusung sebagai tagline dalam setiap program kerja Halo Jiwa tahun 2019. Meskipun belum 100%, Halo Jiwa “Make it Better” Project 2019 dengan tiga lini program - diseminasi, survey dan edukasi- telah berhasil mewarnai arus promosi kesehatan mental di Indonesia.

Tahun 2020, sudah saatnya bagi Halo Jiwa untuk berjalan meninggalkan garis start. Semakin banyak orang yang membicarakan tentang kesehatan mental, tapi belum semua orang ingin melakukan sesuatu secara langsung untuk setidaknya mencari solusi dalam mengatasi masalah-masalah yang terkait dengan kesehatan mental tersebut. Inilah yang menjadi salah satu dasar Halo Jiwa mengusung tagline Walk Together di tahun ini. “It’s time to walk the talk” yang merupakan tagline utama dalam pertemuan global “WHO Global Meeting to Accelerate Progress on SDG target 3.4 on Noncommunicable Diseases (NCD) and Mental Health” pada 9 sampai 12 Desember 2019 di Muscat, Oman. WHO telah meminta semua stakeholder dari seluruh negara peserta untuk melakukan upaya-upaya dalam rangka mempercepat pencapaian SDGs target 3.4, yang berkaitan dengan Good Health and Well-being. Sebagai suatu komunitas yang juga memiliki misi bergabung dalam masyarakat global, Halo Jiwa tentu saja menyambut baik seruan tersebut.

Walk berarti berjalan. Berjalan dalam hal ini dimaknai sebagai perpindahan ke suatu tempat, dengan demikian ada arah yang dituju. Berjalan tidak menunjukkan bahwa kita jalan di tempat dan tidak beranjak dari tempat semula. Di sisi lain, berjalan juga bukan berlari yang, diartikan tidak terburu-buru melakukan sesuatu sebelum menyelesaikan sesuatu yang seyogyanya bisa dijangkau terlebih dahulu. Dengan kata Walk, Halo jiwa berharap agar pada tahun 2020 ini, dia telah menuju ke suatu arah yang jelas dan telah bergerak dengan pasti untuk melakukan hal-hal bermanfaat demi perubahan positif.

Walk Together berarti berjalan bersama. Frasa ini dimaknai lebih lanjut sebagai suatu bentuk ajakan kepada semua pihak, khususnya pihak yang memiliki misi yang sama, untuk berkolaborasi dalam mencapai tujuan yang sama, dalam hal ini meningkatkan kesehatan mental melalui upaya-upaya preventif.

Walk together juga bermakna menggabungkan berbagai potensi kekuatan yang berbeda untuk saling menguatkan satu sama lain. Halo Jiwa seperti sebuah rumah yang di dalamnya dihuni oleh orang-orang dengan berbagai sudut pandang dan karakter yang berbeda, juga berjarak karena lokasi tinggal yang berbeda-beda. Meskipun berbeda dan berjarak, semua saling merangkul dan melangkah untuk berjalan bersama memberikan dampak positif bagi orang lain.

Let’s walk together! Halo Jiwa mengajak semua pihak untuk terlibat dalam #WalkTogether, melalui sebuah kebersamaan yang saling menguatkan dalam bingkai promosi kesehatan mental.









Share on Google Plus

About Halo Jiwa

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.