Webinar Literapsy "Tips & Trik Menghadapi Anak Tantrum"




Oleh:  Muthahharah Indra Jaya & Magfirah Aulia



“Tantrum adalah fitrah, jangan larang emosinya, tapi kontrol ekspresi emosinya”

     Hari Minggu, 14 Juni 2020 lalu telah dilaksanakan online learning dari Komunitas Literapsy, yang dilaksanakan melalui virtual talk secara online di aplikasi Zoom. Dengan tema “Tips & Trik Menghadapi Anak Tantrum”. Materi tersebut dibawakan oleh Kak Afifah Putri Ayu R, , M.Psi, Psikolog (Psikolog Klinis Poli Tumbuh Kembang Anak RS Islam Bontang) dan jalannya acara dipimpin oleh Kak Ersa Lanang Sanjaya, S.Psi, M.Si (Dosen Psikologi Universitas Ciputra, founder @lentera.keluarga).
    Materi yang disampaikan oleh Kak Afifah secara garis besar  yaitu membahas cara mengatasi anak tantrum, cara menangani anak berkebutuhan khusus saat tantrum, dan cara mengendalikan kondisi anak pada saat tantrum. Tantrum adalah emosi yang meledak-ledak yang dapat menjadi agresif hingga menyakiti diri sendiri maupun orang lain. Tantrum pada anak ditandai dengan sikap keras kepala, menangis, menjerit, berteriak, sikap membangkang, dan mengomel sambil marah-marah.

Bagaimana mengatasi anak tantrum?
1. Amankan dan tenangkan anak ke tempat yang tenang (jauh dari tempat ramai)
2. Lakukan komunikasi yang efektif
“Nak, sekarang kita mau ke mall banyak orang, kalau kamu menangis kita pulang saja yah?“

Bagaimana penanganan dengan anak berkebutuhan khusus saat tantrum?
Dalam suatu kasus anak berkebutuhan khusus membutuhkan waktu yang lebih lama pada saat tantrum, maka dari itu, perlu memahami kondisi yang harus dihadapi oleh ADH. Komunikasi efektif kedua orangtua terhadap anak menjadi Kunci Penting dalam mengendalikan kondisi anak tantrum.


Share on Google Plus

About Halo Jiwa

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.