#TalkWithUs-Batch 5 "Diversity is Identity"




Oleh: Amanda

       Talk With Us Imbang Diri yang sudah mencapai batch 5 kembali digelar pada tanggal 26 Juni 2020 kemarin. Talk With Us kali ini mengadirkan tiga perempuan hebat asal Indonesia yang sudah pernah/sedang menganyam pendidikan di luar negeri. Mereka adalah Olvah Alhamid (Puteri Indonesia 2015), Evi Anggraeni HR (Mahasiswi S2 di Thailand), dan Naurah Aurelia Mahjudin (Mahasiswi S1 University of Melbourne, Australia).
       Para pembicara menceritakan bagaimana pengalaman mereka tinggal di luar negeri. Saat awal-awal tinggal di sana, home sick pasti menghampiri, culture shock juga dialami. Meskipun begitu, mereka punya cara masing-masing untuk mengatasi hal tersebut. Mereka bangga menjadi beda, bangga menjadi Warga Negara Indonesia.
   Tentu, sebagai minoritas mereka seringkali mendapat perlakuan yang kurang mengenakkan dari warga setempat. Tapi mereka bisa menyikapi hal tersebut dengan cukup dewasa dan bisa dipertanggungjawabkan. Ketiganya juga berpesan bahwa berbuat baiklah kepada siapa pun, karena mereka juga akan memperlakukan kamu seperti itu.
       Jangan takut untuk menjadi berbeda, karena manusia unik seperti ini adanya. Daripada kedua tangan yang kita miliki digunakan untuk menutup mulut orang-orang yang terus menerus mengejek kita, lebih baik kedua tangan itu kita gunakan untuk menutup kedua telinga kita. Tak hanya itu, buktikan juga pada mereka bahwa kamu bisa, kamu berhak dihargai, berhak mendapat perlakuan yang sama.

                                  

“Jangan pernah nge-judge orang gimana pun bentuk luarnya. Boleh antisipasi, tapi jangan mengadili.” – Olvah



“You just need positive thinking to know more perspective.” – Evi


                                       
“It's good to be out of your comfort zone.” - Naurah

Share on Google Plus

About Halo Jiwa

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.