Webinar Jabat Tangan.co: Beradaptasi dengan Tantangan Kerja di Era New Normal



Oleh: Maghfira Aulia
      
      
      Pada hari Minggu, 28 Juni 2020 lalu telah dilaksanakan acara Talkshow dari Komunitas Jabat tangan.co, yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Instagram via Live. Jabat tangan.co ini mengambil tema “Beradaptasi Dengan Tantangan Kerja Di Era New Normal. Materi tersebut dibawakan oleh Kak Ilham Akbar S.Psi. (Founder @jabattangan.co) dan jalannya acara dipimpin oleh Kak Nur Arifah Rahmah, S.Psi (Tim Halojiwa Indonesia).
      
     Materi yang disampaikan oleh Kak Ilham yaitu mebahas bagaimana tantangan industri untuk survive dalam keadaan New Normal ini seperti berupaya untuk beradaptasi dengan teknologi di era 4.0 menuju 5.0. "Teknologi" merupakan salah satu cara untuk beradaptasi dalam bekerja. Kemudian, selain pentingnya tuntutan untuk beradaptasi dengan efektivitas teknologi di lingkungan kerja, para pekerja juga perlu untuk melakukan beberapa hal seperti:
1. Menerima kondisi dan berdamai terlebih dahulu dengan keadaan
2. Menjalin komunikasi yang baik
3. Pertahankan keseimbangan emosi
(kita bisa memberikan waktu untuk diri sendiri -- Me Time)
4. Fokus pada masa kini, apa yang harus dilakukan dan mengurangi rasa khawatir akan masa depan
5. Tetap berolahraga di rumah



Tips untuk memulai kerja/mencari kerja

Upgrade Skill yang berkaitan dengan teknologi dan bidang yang kamu pelajari ditempat kuliah atau hal yang disukai. Karena, semakin memiliki skill yang spesifik maka akan semakin luas peluangnya. Melatih kepercayaan diri, dengan ini kamu bisa lebih baik untuk mengetahui dan mengembangkan potensi didalam diri. Bermanfaat bagi orang lain. Mementingkan kondisi Tim daripada Achievement. Dan terakhir "Memaksimalkan Teknologi".

Tips untuk beradaptasi dengan kondisi WFH (Work From Home)
a. Membuat to do list
bKomitmen yang jelas
·       c.  Respek dengan diri untuk memberi batasan dan waktu istirahat (asertif)
·       d.  Memanage ekspektasi, bos, dan tim
·       e.  Bergaul dengan orang yang tepat
·       f.  Jadilah orang yang dipercaya
·       g.   Menjaga komunikasi yang positif



Nilai dan prinsip saat masuk kerja:
1. Respek kepada rekan-rekan kerja ditempat itu
2. Belajar beradaptasi dengan orang baru
    Temuilah orang senior untuk belajar dan bertanya
3. Melatih menjadi gelas yang kosong terlebih dahulu, kemudian pahami
    Lakukan secara bertahap apabila ada sesuatu yang harus diperbaiki
4. Mulailah bekerja pada sesuatu yang paling bawah
    (dalam arti yang menurut anda remeh/hal2 yang ringan dalam pekerjaan
    Lakukan Investasi dimulai dari hal hal kecil.



Insight yang paling Penting & Powerful
"Catatlah apa yang dikerjakan dan kerjakan apa yang harus dikerjakan. Untuk sebagai reminder dan mencerminkan pribadi yang sungguh-sungguh dan disiplin"
Intinya adalah beradaptasi, tingkatkan skill, Jalin komunikasi yang baik, dan respect dengan orang berpengalaman.


Share on Google Plus

About Halo Jiwa

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.