Kegiatan kerjasama
Webinar Jabat Tangan.co: Beradaptasi dengan Tantangan Kerja di Era New Normal
Pada
hari Minggu, 28 Juni 2020 lalu telah dilaksanakan acara Talkshow dari Komunitas Jabat tangan.co,
yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Instagram via Live. Jabat tangan.co ini mengambil tema “Beradaptasi Dengan Tantangan Kerja Di
Era New Normal“. Materi tersebut dibawakan oleh Kak Ilham
Akbar S.Psi. (Founder @jabattangan.co) dan
jalannya acara dipimpin oleh Kak Nur Arifah Rahmah, S.Psi (Tim Halojiwa Indonesia).
Materi yang disampaikan oleh Kak
Ilham yaitu mebahas bagaimana tantangan industri untuk
survive dalam keadaan New Normal ini seperti berupaya untuk beradaptasi dengan
teknologi di era 4.0 menuju 5.0. "Teknologi" merupakan salah satu
cara untuk beradaptasi dalam bekerja. Kemudian, selain pentingnya tuntutan
untuk beradaptasi dengan efektivitas teknologi di lingkungan kerja, para pekerja
juga perlu untuk melakukan beberapa hal seperti:
1.
Menerima kondisi dan berdamai terlebih dahulu dengan keadaan
2.
Menjalin komunikasi yang baik
3.
Pertahankan keseimbangan emosi
(kita bisa memberikan waktu untuk diri sendiri
-- Me Time)
4. Fokus
pada masa kini, apa yang harus dilakukan dan mengurangi rasa khawatir akan masa
depan
5. Tetap
berolahraga di rumah
Tips
untuk memulai kerja/mencari kerja
Upgrade Skill yang
berkaitan dengan teknologi dan bidang yang kamu pelajari ditempat kuliah atau
hal yang disukai. Karena, semakin memiliki skill yang spesifik maka akan
semakin luas peluangnya. Melatih kepercayaan diri, dengan ini kamu bisa
lebih baik untuk mengetahui dan mengembangkan potensi didalam diri. Bermanfaat
bagi orang lain. Mementingkan kondisi Tim daripada Achievement. Dan
terakhir "Memaksimalkan Teknologi".
Tips
untuk beradaptasi dengan kondisi WFH (Work From Home)
a. Membuat to do list
b. Komitmen yang jelas
· c. Respek dengan diri untuk memberi batasan
dan waktu istirahat (asertif)
· d. Memanage ekspektasi, bos, dan tim
· e. Bergaul dengan orang yang tepat
· f. Jadilah orang yang dipercaya
· g. Menjaga komunikasi yang positif
Nilai dan prinsip saat masuk kerja:
1. Respek
kepada rekan-rekan kerja ditempat itu
2. Belajar
beradaptasi dengan orang baru
Temuilah orang senior untuk belajar dan
bertanya
3. Melatih
menjadi gelas yang kosong terlebih dahulu, kemudian pahami
Lakukan secara
bertahap apabila ada sesuatu yang harus diperbaiki
4. Mulailah
bekerja pada sesuatu yang paling bawah
(dalam arti yang menurut anda remeh/hal2
yang ringan dalam pekerjaan
Lakukan Investasi dimulai dari hal hal kecil.
Insight
yang paling Penting & Powerful
"Catatlah apa yang dikerjakan dan kerjakan apa yang harus dikerjakan. Untuk
sebagai reminder dan mencerminkan pribadi yang sungguh-sungguh dan disiplin"
Intinya
adalah beradaptasi, tingkatkan skill, Jalin komunikasi yang baik, dan respect dengan orang berpengalaman.
Tidak ada komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.