Kita Berhak Merdeka, Yuk Perangi Mental illness Bersama! - Ainun



     Kita Berhak Merdeka, Yuk Perangi Mental illness Bersama!

Oleh : Ainun

 

Kesehatan mental yang baik adalah kondisi ketika batin berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan untuk menikmati kehidupan dan menghargai orang di sekitar. Di Indonesia, mental illness masih menjadi hal yang tabu untuk dibicarakan. Karena sebagian orang merasa kesehatan mental itu tidak terlalu penting untuk diperhatikan seperti kesehatan fisik.

Setiap orang memiliki peluang menderita mental illness. Tak pandang usia, baik tua maupun muda, baik yang berpendidikan tinggi atau tidak. Setiap manusia juga pasti mempunyai beban kehidupan sendiri-sendiri. Kita tidak bisa menghakimi dan merasa bahwa ujian kita lebih besar dibandingkan orang lain, atau beban orang lain sedikit sehingga tidak kesusahan seperti kita. Karena hidup ini sawang sinawang, seperti kata pepatah yang artinya “hakikat hidup itu hanyalah persoalan bagaimana seseorang memandang/melihat sebuah kehidupan, karena apa yang dipandang belum tentu seindah atau semudah yang tampak”

Dengan menjaga kesehatan mental, akan membuat suasana hati menjadi lebih baik, membangunan ketahanan, dan membantu menikmati hidup secara keseluruhan. Beberapa langkah sederhana versi aku yang bisa kalian lakukan agar merdeka dari mental illness, yaitu:

1. Stay positive

Seseorang yang berpikir positif tahu bagaimana menangani situasi yang buruk atau lebih baik dari siapa pun. Dengan adanya mindset positif dapat membantu mengatasi masalah kehidupan sehari-hari dan bisa menghibur diri sendiri.

“anggaplah sesuatu yang menakutkan tersebut sebagai suatu tantangan yang harus kalian hadapi dengan tenang. Jangan beranggapan bahwa itu adalah hal berat”

2. Mengelola emosi dengan baik

Hindarilah situasi yang membuat kalian merasakan emosi negatif. Sebagai contoh, bila emosi tersebut datang saat melihat media sosial atau bahkan datang saat bersama orang-orang tertentu, tidak ada salahnya kita beristirahat sejenak dari log in media sosial atau bertemu dengan orang-orang tersebut.

3. Olahraga, makan sehat, dan tidur secara teratur

Dengan berolahraga keluar rumah, kita meraih manfaat untuk menghirup udara segar. Dengan makanan sehat dapat berkontribusi penting dalam perkembangan, ini menandakan apa yang kita makan mempengaruhi kesehatan mental. Kita harus tau apa itu pola makan sehat. Tidur yang cukup tetap harus menjadi prioritas ya!

5. Jangan lupa bahagia

Jangan terlalu memikirkan sesuatu yang membuat kamu merasa terbebani. This is your life, do whatever you want. Lakukan sesuatu yang membuatmu bahagia. Hidup Cuma sekali dong, jangan lupa untuk melakukan semuanya dengan bahagia. Bahagia itu perlu. Cari lah alasan untuk bahagia lebih sering.

6. Take it slow

Perlahan tapi pasti. Take it easy, take your time. Saat kamu melakukannya dengan perlahan maka kamu akan merasa tenang. Semuanya akan terasa lebih mudah.

kita yang menjalani. Jangan buat sedih hidupmu sendiri, jangan buat tidak nyaman untuk menjalani kehidupanmu sendiri. Olah lah perasaan kalian sebaik mungkin. Namun jika kita selalu merutuki diri sendiri semua itu sama dengan merugikan diri kalian sendiri. Semangat menjadi lebih baik, selamat bertumbuh dan selamat berproses :)


Editor: Laili Faristin (Tim Halojiwa Indonesia)

Share on Google Plus

About Halo Jiwa

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.