Webinar YPP Psychologist x Halojiwa Indonesia - Memerdekakan Diri dari Kesepian






Oleh: Akyasa A.


Pada Hari Minggu, tanggal 16 Agustus 2020 pukul 14.00 WIB telah dilaksanakan kegiatan seminar yang diselenggarakan oleh YPP Psychologist bersama Syurawasti (Co-Founder Halo Jiwa Indonesia) sebagai narasumber dan Elfa Diah (Counselor YPPsychologist) sebagai moderator. Seminar ini bertemakan tentang “HOW DO I MANAGE MY LONELINESS” dan talking about loneliness sehubungan dengan bulan Agustus lalu terdapat hari kemerdekaan, oleh karena itu agar kita bisa memerdekakan diri dari kesepian. Berikut kesimpulan materi yang disampaikan oleh kak Syurawasti sebagai pembawa materi pada saat itu.

 Relatedness adalah perasaan terhubung dengan orang lain. Setiap manusia memiliki kebutuhan untuk mencintai dan dicintai. Loneliness, maknanya mempunyai perubahan. Seperti punya banyak teman di dunia maya namun masih merasa sendiri. Dan juga ketika berada dikeramaian namun masih merasa sendiri. Makna lainnya, merasa terasing dari Tuhan/agama inilah bisa mengakibatkan rasa terasing. Kemudian, memiliki gejala gangguan mood, karena menghindari beberapa stigma dari orang lain sehingga tidak dapat bercerita terkait kondisinya. Sehingga merasa kesepian.

       Secara pandang filosofis, Penting bagi kita untuk sendiri dan menarik diri dari sosial agar menyadari bahwa kita hidup. Dengan menyendiri kita bisa menyadari bahwa kita perlu terkoneksi dengan orang lain dan kesadaran akan isolasi seseorang. Positifnya adalah bisa merenung dan menemukan makna dalam hidup, tujuan kehidupan, menemukan jati diri dan memahami pengalaman masa lalu. Dalam pandangan Psikiatri, Loneliness merupakan ketidakabsahan makna, adanya gejala disfungsi Kesehatan seperti depresi, dan terkait dukungan sosial yang tidak memadai contohnya seperti kurangnya dukungan sosial saat masih kecil. Kesepian dipandang melibatkan cara orang tersebut memandang, mengalami, dan mengevaluasi isolasi (subjective evaluation) dan kurangnya komunikasi dengan orang lain.

            Kesepian seringkali mengakibatkan penurunan kesejahteraan (well-being) dalam bentuk depresi, masalah tidur. Kesepian bisa mempersulit orang untuk mengatur diri dan mengarah pada kebiasaan merusak firi sendiri. Dan dapat melemahkan kemauan diri dari waktu ke waktu. Orang kesepian akan lebih mudah merasa stres terutama pada usia lanjut. Dan keepian dapat menurunkan imunitas kekebalan tubuh. Orang yang kesepian mengalami lebih banyak kesulitan tidur yang berefek pada sistem regulasi tubuh dan sistem hormon.

Pendekatan kognitif adalah bagaimana cara kita mengubah persepektif kita dalam menambah relasi seperti takut akan adanya penolakan dengan cara meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan berelasi, Temu komunitas, dan mengikuti berbagai kegiatan sosial yang lainnya.

Sebagai manusia sangat manusiawi ketika sebagai makhluk sosial akan mengalami kesepian dalam menjalani sebuah relasi dengan orang lain. Caranya berdasarkan pengalaman Kak Syura yaitu menerima dan menghadapinya, dan mengetahui apa yang kita takuti dari rasa kesepian. Setelah menerima maka kita akan menemukan makna dalam kehidupan dari rasa kesepian yang dialami dan mampu  memahami keadaan loneliness itu sebagai pandangan yang positif.


Editor: Laili Faristin (Tim Halojiwa Indonesia)

 

Share on Google Plus

About Halo Jiwa

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.