(Webinar) Safiya Talk #02: Ruang Curhat Untuk Si Moody dan Bape


Safiya Talk #02: Ruang Curhat untuk

si Moody dan Baperan

 

Dokter Aufiya telah melaksanakan “Safiya Talk #02: Ruang Curhat untuk si Moody dan Baperan” pada hari Senin, 26 Oktober 2020 pukul 19.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB. Safiya Talk kali ini disiarkan secara langsung melalui Zoom Meeting dan juga private streaming YouTube Dokter Aufiya. Materi Safiya Talk kali ini dibawakan oleh Alexandra Gabriella A., M.Psi, Psi., C.Ht, C.Est, seorang psikolog klinis dan hipnoterapis.

Sudah banyak orang yang sangat familiar dengan dua istilah ini. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa masih banyak yang memilki persepsi yang berbeda-beda terhadapnya.

Baiklah, terkait bahasan kali ini, “Ruang Curhat untuk si Moody dan Baperan”, sekarang coba kita ulas sedikit terlebih dahulu.

 

(Tulisan selanjutnya dibahas dalam bahasa sehari-hari agar memudahkan pembaca untuk lebih mudah memahami isi dari Safiya Talk #02)

 

Baper tuh apa dan kayak gimana sih? Baper itu merupakan salah satu emosi atau reaksi perasaan terhadap suatu hal. Bentuknya bisa macem-macem, bisa jadi bahagia, sedih, marah, terkejut, atau emosi lain yang biasa kita rasakan.

Terus kalau mood? Mood itu suasana hati yang lebih menyeluruh. Biasanya sih diklasifikasikan jadi dua, ada good mood sama bad mood. Tapi sebenernya ada juga hari dimana kita ngerasa biasa aja, not too bad or sebaliknya. Nah, hal itu dinamakan an average day, hari dimana mood kita tuh ada di tengah-tengah. 


Kok bisa ya jadi baperan atau moody-an? Hal ini dikarenakan kedua kodisi ini deket banget kaitannya sama pengalaman kita sehari-hari. Keduanya bener-bener terkait sama emosi, perilaku, dan pemikiran yang kita miliki. Hal-hal itulah yang mendorong rasa baper dan moody yang ada di dalam diri kita. Utamanya sih dalam pikiran, gimana cara kita berpikir. Hal itu bener-bener ngefek banget ke diri kita. Makanya, sebisa mungkin, ubahlah cara berpikir yang kita miliki.

Dengan membuang dan mengganti cara pandang yang kita miliki, kita akan menjadi pribadi yang nggak terlalu baperan atau moody-an. Kita harus bisa jadi pribadi yang lebih positif, dan jadi sahabat untuk diri kita sendiri. Karena yang tau kita kenapa, yang lebih ngerti diri kita itu ya diri kita sendiri, bukan orang lain.

Safiya Talk kemarin juga membuka ruang curhat untuk tiga orang safiya yang beruntung. Kedengarannya, mereka menjadi lebih lega saat sudah menyampaikan keluh kesah dan emosi mereka. Senang bisa mendengarnya.

- Amanda Marchelyana Senis 

 

Editor: Retno Pratiwi Sutopo Putri (Tim Editor Halo Jiwa)

Share on Google Plus

About Halo Jiwa

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.